Surat Untuk Sahabat Kecilku Yoga di Pegunungan Meratus Kalimantan (Program Indonesia Mengajar)

Kepada kawan kecilku Yoga nun jauh di sana, di kaki bukit Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan. Semoga ketika menerima surat ini kamu dalam keadaan sehat dan selalu bahagia. 
Halo Yoga, Perkenalkan namaku Alaina Fatha Nabila, panggil saja Nabila. Aku berasal dari Pulau Jawa, lebih tepatnya tinggal di Kebumen Jawa Tengah. Senang sekali rasanya bisa berkirim surat denganmu. Waktu itu Bu Rahma memberikan informasi kepadaku bahwa beliau akan mengadakan kegiatan berkirim surat untuk Yoga dan teman-teman di sana. Tentu aku menyambutnya dengan senang hati. Berkirim surat seperti ini mengingatkanku di masa sekolah dasar seumur kalian, programnya bernama “Sahabat Pena”. 
Meskipun kita belum saling bertatap muka, namun melalui tulisan ini semoga kita dapat saling memberi semangat dan memotivasi. Di tengah wabah pandemi ini, aku sudah mendengar kabar bahwa sekolah tempat belajar Yoga dan teman-teman diliburkan. Aku berharap semoga kalian tetap bahagia dan selalu semangat untuk terus belajar meskipun tidak pergi ke sekolah. Karena sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk kita belajar. Kita bisa pergi ke alam bebas, pergi ke hutan, pergi ke pantai, membantu orang tua, membantu orang lain ketika dalam kesulitan, belajar berbagi ketika ada orang lain yang kekurangan, dan masih banyak lagi. Itu semua juga bagian dari proses belajar. 
Sama seperti cita-citaku Yoga. Aku punya impian menjadi penulis dan bisa untuk belajar dengan bebas dimanapun. Belajar kepada orang-orang yang hidup dalam daerah penjelajahanku. Aku juga ingin seperti Bu Rahma, berbagi cerita dan bermain bersama kalian, juga membuat taman bacaan agar teman-teman semangat membaca.  Melakukan perjalanan dan menulis adalah hobiku. Aku selalu melakukan perjalanan saat libur sekolah yaitu hari Sabtu dan Minggu. Pergi kemana saja yang ingin aku jelajahi. 


  
Ini adalah salah satu tempat di daerah Yogya yang aku dan teman-temanku kunjungi. Namanya adalah Pantai Ngrenehan. Kami pergi ke pantai waktu itu tentu untuk bermain menhilangkan penat, dan kami juga membantu warga dalam memanen rumput laut yang sedang tumbuh subur waktu itu, dan masih banya lagi tempat yang sudah kami kunjungi.
 




Disini aku juga memiliki banyak kawan yang seumuran denganmu. Setiap sore mereka meminta diajari mengaji di masjid. Betapa malunya aku kepada mereka. Karena jiika aku datang terlambat, mereka selalu datang kerumahku. Hihi.


Yoga, Kalimantan tempatmu berada adalah salah satu dari sekian tempat yang masuk dalam daftar perjalananku. Doakan aku ya, suatu saat nanti semoga aku dapat menginjakkan kaki ke tanah Borneo dan bertemu denganmu serta teman-teman. Berbagi cerita secara langsung dengan kalian dan bermain bersama.
Sekali lagi aku senang sekali bisa menulis surat ini. Semoga nanti kamu dan teman-teman juga dapat menginjakkan kaki di tanah Jawa ini. Yoga dan teman-teman harus tetap semangat apapun yang terjadi, Tetap belajar dan berusaha membuat orang tuamu menjadi bangga. 
Salam Persahabatan dariku untuk Yoga dan teman-teman,
Nabila                                                       
 
 

You May Also Like

0 komentar